26 March 2020, 18:35 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Bali 9 Orang


Arnoldus Dhae | Nusantara

Seperti di berbagai wilayah lainnya, kasus orang yang positif covid-19 di Bali juga meningkat. Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan berdasarkan data terkini di Bali diketahui kasus positif covid-19 bertambah 3 orang.

"Sehingga jumlahnya sampai dengan hari ini di Bali sebanyak 9 orang. Kita berharap kerja sama semua pihak agar jumlah ini bisa semakin ditekan di Bali," ujar Indra di Denpasar, Kamis (26/3).

Sejak hari pertama pasien positif covid-19 di Bali diketahui, belum ada satu kasus pun yang sembuh. Sementara kasus meninggal sebanyak dua orang dan semuanya Warga Negara Asing (WNA). Dua pasien yang meninggal tersebut ternyata memiliki penyakit bawaan.

Menurut Indra, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 114 orang. Dari 114 sampel yang telah diuji, hasil tes 84 orang sudah diketahui. "Sebanyak 75 orang dinyatakan negatif dan 9 orang positif. Dari 9 orang yang positif, hanya 2 orang Warga Negara Indonesia. Sisanya WNA. Tujuh orang masih dirawat intensif," jelasnya.

Baca juga: Kasus Meningkat, Bali Tambah 7 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Berarti, lanjut Indra, banyak kasus positif di Bali merupakan imported case. Walau merupakan kasus impor, namun hal ini tetap menjadi perhatian bagi seluruh Satgas sampai di tingkat desa dan kelurahan. Pasalnya bukan tidak mungkin, para WNA tersebut telah melakukan kontak dengan banyak orang.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk ikut berpartisipasi dalam memerangi covid-19 ini. Minimal melindungi dirinya sendiri.

Gubernur Bali I Wayan Koster telah mengeluarkan imbauan agar seluruh masyarakat Bali untuk tetap berada di rumah pada hari Kamis, 26 Maret 2020 (Hari Ngembak Geni). Hal ini merupakan upaya pencegahan yang efektif mengurangi penyebaran covid-19.

"Batasi aktivitas di luar rumah dan kurangi interaksi dengan orang lain," imbau Koster. (OL-14)

BERITA TERKAIT