26 March 2020, 16:53 WIB

Jumlah Penumpang KA di Cirebon Menurun


Nurul Hidayah | Nusantara

PENUMPANG kereta api yang naik maupun turun di sejumlah stasiun di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3
Cirebon alami penurunan. Penurunan terjadi sejak penyebaran virus covid-19 di Indonesia.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, menjelaskan jika penurunan penumpang tersebut sudah terjadi sejak 2 Maret 2020 lalu atau sejak adanya imbauan bekerja dari rumah. ''Turunnya mencapai 12 persen,'' ungkap Luqman, Kamis (26/3).

Dalam kondisi normal, jumlah penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 5.861 per hari namun sejak awal Maret lalu turun menjadi hanya 5.170 setiap harinya.

Penurunan penumpang tersebut menurut Luqman bisa terus terjadi mengingat saat ini PT KAI Daop 3 Cirebon juga menghentikan sementara 8 KA Argo Cheribon dari sebelumnya bisa mencapai 18 rangkaian menjadi hanya 10 rangkaian kereta api saja.

''Penghentian sementara 8 rangkaian kereta api berlaku hingga 31 Maret mendatang,'' ungkap Luqman.

Selain itu, dalam rangka mendukung imbauan pemerintah agar penyebaran virus covid-19 bisa segera dikendalikan, social distancing juga
dilakukan di stasiun yang ada di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Termasuk juga di dalam kereta.

''Tinggal menghubungi nomor telpon kondektur yang ada di dalam kereta, maka kondektur bisa mencarikan kursi yang masih
kosong di dalam kereta,'' ungka Luqman.

Pengukuran suhu tubuh juga dilakukan sebelum masuk ke dalam kereta serta penyediaan masker bagi yang membutuhkan juga dilakukan oleh PT KAI Daop 3 Cirebon. (OL-2)

 

 

BERITA TERKAIT