26 March 2020, 16:47 WIB

Hasil Rapid Test Pelatih Tunggal Putra Indonesia Negatif Korona


Akmal Fauzi | Olahraga

SEKRETARIS Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto mengatakan, hasil rapid test Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI, Hendry Saputra, negatif virus korona. Saat ini masih dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta dengan status Pasien dalam Pengawasan (PDP).

"PP PBSI masih menunggu hasil swab test Hendry yang kemungkinan akan keluar besok," kata Budiharto melalui keterangan tertulis, Kamis (26/3).

Pada Selasa (24/3), PP PBSI mengonfirmasi bahwa Hendry Saputra berstatus PDP virus korona. Hendry merasakan gejala pada hari ketujuh isolasi mandiri di Pelatnas Cipayung setelah pulang dari ajang All England di Birmingham, Inggris.

Budiharto menyatakan, PP PBSI telah melakukan tindakan sesuai prosedur. Bentuknya adalah mengisolasi semua orang yang menjalin kontak langsung dengan Hendry.

Pantauan tim dokter PBSI kepada tim All England pun semakin intens. Masa isolasi mandiri tim juga diperpanjang hingga awal April.

“Gejala awal yang disampaikan coach Hendry itu dia merasa demam, lemas, mual, makanan tidak bisa masuk. Setelah dilakukan CT Scan, banyak flek di paru-paru kiri. Sedangkan coach Hendry tidak ada riwayat sakit paru sebelumnya. Untuk memastikan bahwa apakah terjangkit Covid-19, memang harus dilakukan swab test,” ujar dr Octaviani, salah seorang anggota tim dokter PBSI dalam siaran pers PP PBSI (24/3). (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT