26 March 2020, 16:16 WIB

Jubir: Sebaran Covid-19 Didominasi di DKI Jakarta


Andhika Prasetyo | Humaniora

JUMLAH kasus positif covid-19 di Indonesia terus bertambah. Per 26 Maret, pemerintah mencatat tambahan 103 pasien yang dinyatakan terinfeksi virus korona. Dengan demikian, total akumulasi pasien positif mencapai 893 orang.

Dari angka tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang pasien terbesar yakni 515 orang. Disusul Jawa Barat dengan 76 kasus dan Banten 67 kasus.

"Kalau kita lihat, sebaran virus masih didominasi di DKI Jakarta. Tetapi ada provinsi lain yang menunjukkan angka pertumbuhan tinggi, di Sulawesi Selatan ada 14 kasus baru. Itu hendaknya jadi atensi kita dalam konteks mewaspadai," jelas juru bicara pemerintah terkait penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Baca juga: Insentif Tenaga Kesehatan Tangani Covid-19 via Pemda

Kasus kematian juga meningkat. Yuri, begitu sapaan akrabnya, mencatat dalam sehari terakhir, ada 20 pasien covid-19 meregang nyawa.

Hingga saat ini, tercatat sudah sebanyak 78 orang meninggal karena penyakit menular mematikan tersebut di Tanah Air.

Baca juga: Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Jalan Terus

Adapun, untuk kasus yang dinyatakan sembuh juga bertambah hanya empat orang. Jadi total pasien yang telah pulih dan lepas perawatan rumah sakit menjadi 35 orang.

Baca juga: Kemendagri Arahkan Pemda Cegah Mudik

Pemerintah pun terus meminta komitmen masyarakat untuk mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

"Kita harus melakukan upaya keras untuk melakukan pencegahan. Kita harus berupaya menjaga yang sehat tetap sehat. Kita harus bekerja sama dengan baik, menjaga jarak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan saling ingatkan satu sama lain. Itu kunci pencegahan pengendalian covid-19," tandas Yuri. (X-15)

BERITA TERKAIT