26 March 2020, 16:15 WIB

Lima Terduga Teroris Ditangkap, Satu Diantaranya Ditembak


Akhmad Safuan | Nusantara

DETASEMENT Khusus (Densus) 88 Anti Teror gerebek sebuah rumah di Dukuh Ngepuh, Desa Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (25/3) petang.

Dari operasi tersebut, lima orang terduga teroris ditangkap, satu diantaranya tewas ditembak setelah melakukan perlawanan.

‘’Ya kemarin sore ada penangkapan di rumah itu, beberapa orang ditangkap dan ada satu orang tertembak dikenal dengan nama Muchtar,’’ kata seorang warga setempat.

Terduga teroris yang tertembak, lanjutnya, dikenal warga sebagai pelukis yang sehari-hari bekerja di teras rumah dan mengajar TK, sedangjan satu orang lagi bernama Suwardi pekerjaan membuat sangkar burung.

‘’Warga mengenal dulu pengikut NII, tapi sekarang tidak tahu lagi,’’ imbuhnya.

Warga tidak banyak menaruh curiga, ujarnya, tapi ada yang janggal dengan kedua orang itu, yakni tidak mau ikut salat Jumat jika imam dan pengurus masjid aparatur sipil negara (ASN) dan setiap pekan sekali ada yang menjemput untuk kegiayan pengajian.

Kapala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna membenarkan penangkapan lima teroris di daerah ini oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri  sekitar pukul 16.00 WIB.

Dua terduga teroris tersebut, ujar Iskandar, berdasarlan penyelidikan diduga terkait teroris lain dan masih berhubungan kerabat, setelah penangkapan itu terduga teroris yang tertembak langsung dilarikan ke RS Bhayangkara.

‘’Saat ini masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan okrh Densus 88 Mabes Polri, semuanya lima orang dan satu terpaksa ditembak karena lakukan perlawanan dengan senjata tajam,’’ katanya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT