26 March 2020, 15:48 WIB

DPRD Batasi Partisipan dalam Pemilihan Wagub DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DPRD DKI Jakarta akan membatasi orang yang hadir dalam pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Mengingat, penyebaran virus korona (Covid-19) belum mereda.

Pembatasan dilakukan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dalam agenda yang dijadwalkan pada 6 April. "Ya pasti. Di bawah 200 orang nantinya. Tidak termasuk media. Tapi media kan nanti ada sendiri tempatnya," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik, seusai rapat Badan Musyawarah, Kamis (26/3).

Apabila pandemi Covid-19 masih terjadi hingga 6 April, lanjut dia, Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI siap menjamin keberlangsungan acara lantaran sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Baca juga: Tok! DPRD Sepakat Pemilihan Wagub DKI Digelar 6 April

"Sebetulnya pemerintah telah siap dengan protokol pencegahan virus korona. Mulai dari pemeriksaan masuk, kemudian sampai ke ruang paripurna. Itu secara protokol atas yang disampaikan Dinas Kesehatan diikuti Panlih Wagub DKI," papar Taufik.

Sebelumnya, Panlih Wagub DKI Jakarta telah menetapkan 23 Maret sebagai waktu pelaksanaan pemilihan Wagub DKI. Namun, penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, menimbulkan keputusan untuk menunda proses pemilihan. Terdapat dua Calon Wakil Gubernur DKI yang akan bersaing dalam pemilihan, yaitu Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.(OL-11)

BERITA TERKAIT