26 March 2020, 14:33 WIB

Antisipasi Pasien Korona, Babel Siapkan Gedung Diklat dan BLK


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK mengantisipasi melonjaknya pasien terdampak covid-19. Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel), menyiapkan Gedung Pendidikan dan Latihan (Diklat) serta Balai Latihan Kerja (BLK) Ketenagakerjaan.

Kepala Dinkes Babel. Mulyono Susanto disiapkanya dua gedung tersebut untuk antisipasi apabila jumlah pasien covid-19 mengalami peningkatan dan tak bisa lagi tertampung di rumah sakit.

"Tapi kami berharap hal ini tak terjadi, namun kami bergerak sesuai arahan Kementerien Kesehatan (Kemenkes) dan tetap akan mempersiapkanya," kata Mulyono, Kamis (26/3).

Dia mengaku, memikirkan jika terjadi kelonjakan pasien, dua alternatif ini lah yang disiapkan, kami harus siap menampung pasien tidak tertampung lagi di rumah sakit seperti di DKI yang menyiapkan wisma atlet dan di kabupaten juga diminta mempersiapkan ini.

Mulyono menambahkan persiapan terus dilakukan dalam upaya mengantisipasi kondisi penyebaran covid-19 di Provinsi Babel.

"Ini instruksi dari Kemenkes mempersiapkan rencana ini, apabila ada kelonjakan besar maka akan menunjuk satu rumah sakit yang hanya
menangani covid-19," jelasnya.

Menurutnya rumah sakit itu difokuskan menjadi layanan covid-19, misalnya di Belitung RS Marsidi, di Pangkalpinang belum ada, apabila terjadi lonjakan atau peningkatan di rumah sakit yang tidak bisa menangani.

''Kami sudah persiapkannya dari sekarang," pungkasnya. (OL-2)

 

 

BERITA TERKAIT