26 March 2020, 14:33 WIB

Olimpiade Ditunda, BWF Akan Bekukan Kejuaraan Dunia


Akmal Fauzi | Olahraga

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan mencari solusi terhadap sistem kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan berakhir pada 26 April. Hal itu menyusul keputusan penundaan Olimpiade hingga satu tahun.

“Kami akan meninjau dampak pada sistem kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade, untuk memastikan solusi yang adil dalam memenuhi syarat pemain lolos ke Olimpiade,” bunyi pernyataan BWF dalam laman resmi, Kamis (26/3)

BWF juga akan membekukan peringkat dunia badminton untuk sementara waktu. Namun, BWF belum bisa memaparkan secara detail teknis pembekuan peringkat dunia tersebut.

Baca juga: Jepang Tunda Penyelenggaraan Olimpiade Hingga Tahun Depan

“Dalam jangka pendek, BWF juga akan mencari kemungkinan pembekuan peringkat dunia sampai turnamen internasional dimulai lagi. Namun, kami masih mencari solusi teknis untuk memastikan pembekuan,” lanjut keterangan BWF.

BWF mendukung keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020 yang diagendakan pada 24 Juli-9 Agustus 2020.

Sejauh ini, belum ada jadwal pasti kapan Olimpiade Tokyo akan digelar. Namun, IOC, Perdana Menteri Jepang dan Komite Penyelenggara Tokyo (TOCOG), sepakat akan mengubah ulang jadwal Olimpiade sebelum musim panas 2021.

BWF akan terus memantau semua perkembangan terkait pandemi virus korona (Covid-19). Serta, mengikuti saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan IOC. "Kami akan membuat pilihan terbaik untuk kepentingan para pemain internasional dan komunitas bulu tangkis umum," tutup BWF.(OL-11)

BERITA TERKAIT