26 March 2020, 12:23 WIB

Fraksi PDIP Usulkan Pemilihan Wagub DKI 6 April 2020


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KETUA Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mendorong agar paripurna pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta dilaksanakan pada 6 April mendatang. Menurutnya, di saat wabah Covid-19 belum mereda, sebaiknya agenda yang memerlukan perkumpulan banyak orang seperti pemilihan wagub DKI bisa ditunda.

Tanggal 6 April dipilih karena saat itu masa Tanggap Darurat Covid-19 yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah berakhir.

Baca juga: Elang Group Pinjamkan Kantor 4 Lantai di Bogor Jadi RS Darurat

"Ya, kita dorong supaya pemilihan dilaksanakan 6 April. Kan ada seruan gubernur yang mengatakan masa tanggap darurat Covid-19 sampai tanggal 5 April. Yasudah kita usulkan 6 April pemilihan," kata Gembong saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (26/3).

Ia pun mengajak fraksi-fraksi lainnya untuk mendukung usulan ini dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) dengan agenda menentukan jadwal pemilihan wagub DKI yang berlangsung siang ini di Gedung DPRD DKI.

"Kita bersama fraksi-fraksi lain sedang mendorong supaya mundur saja," ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta telah menetapkan 23 Maret sebagai waktu pelaksanaan pemilihan wagub. Namun, gentingnya situasi saat ini karena penyebaran Covid-19 yang meluas membuat Ketua Prasetyo Edi Marsudi menunda proses tersebut tanpa menetapkan batas waktu.

Dihubungi terpisah sebelumnya, Ketua Panlih Wagub DKI Farazandhi menetapkan target baru pemilihan wagub DKI yakni pada Jumat (27/3) atau besok.

Terdapat dua cawagub yang akan bersaing dalam pemilihan itu yakni Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra. (OL-6)

BERITA TERKAIT