26 March 2020, 11:45 WIB

BPK Serahkan Sepenuhnya Teknis Pengalihan Anggaran ke Pemerintah


M Ilham Ramadhan | Ekonomi

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan sepenuhnya teknis pengalihan anggaran yang dilakukan pemerintah untuk menangani pencegahan Covid-19. Hal itu disepakati oleh 9 pimpinan BPK dan pemerintah melalui konferensi video pada Senin (23/3).

"Pimpinan BPK menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk mengambil keputusan terkait pengalihan anggaran dalam kondisi pandemi saat ini. Pengalihan anggaran bisa menggunakan APBN 2020 atau dengan Perppu APBN 2020," demikian petikan keterangan resmi BPK yang diterima, Kamis (26/3).

Dalam konferensi video itu pula dibahas mengenai dampak pandemi Covid-19 pada pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 yang sedang dan akan dilakukan oleh pemeriksa BPK.

Selain itu revisi dan pelaksanaan APBN 2020 terkait penanganan kesehatan, social safety net dan insentif ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah akibat pandemi Covid-19 turut menjadi pembahasan.

Berkaitan dengan itu, pemerintah sebelumnya menyatakan akan berkonsultasi dengan BPK mengenai anggaran. Pasalnya dalam situasi darurat saat ini banyak kegiatan dan belanja kementerian maupun lembaga diubah untuk menjadikan penanganan pandemi Covid-19 sebagai prioritas.

"Konsultasi dengan BPK dilakukan karena pemerintah tetap mengutamakan prinsip tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel," bunyi dari keterangan resmi BPK.

BPK juga telah melalukan pembahasan dampak Covid-19 mengenai LKPP, LKPD, refocusing anggaran melalui sidang pimpinan. Kendala di lapangan seperti cek dan pengujian fisik, wawancara dengan auditee serta uji dokumen tak luput dibahas lantaran menjadi kendala BPK dalam melaksanakan tugas pemeriksaan di situasi saat ini. (E-1)

BERITA TERKAIT