26 March 2020, 10:30 WIB

Bandara Komodo Dan Pelayaran Tidak Ditutup


John Lewar | Nusantara

BANDARA Komodo dan pelabuhan laut di Kabupten Manggarai Barat, NTT yang menghubungkan ke berbagai wilayah hingga kini masih normal beroperasi. Tidak ada penutupan sama sekali. 

"Penerbangan masih normal untuk tanggal 26 Maret dan 27 Maret nanti. Bandara Komodo tidak akan ditutup," kata Kepala Bandara Komodo, I Ketut Gunarsa kepada Media Indonesia, Kamis (26/3). 

Dia mengatakan untuk jasa angkutan udara baik ke berbagai wilayah maupun tujuan Labuan Bajo berjalan normal dan tidak ada penutupan. Menurutnya penutupan otoritas Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. 

"Sekali lagi bandara masih beroperasi seperti biasa," tegasnya.

Pasca permintaan penutupan bandara Komodo dan Pelabuhan laut di Labuan Bajo oleh Bupati Manggarai Barat, Agustinus Dula untuk mencegah meluasnya virus korona dari orang ke orang hingga Kamis (26/3). Hingga kini aktivitas bandara Komodo dan Pelabuhan Pelni Labuan Bajo masih berjalan normal.

Terpantau Kamis hari ini,dua kapal pengangkut penumpang antar pulau milik Pelni,KM Wilis dan Tilong Kabila bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo.Ratusan penumpang datang dan pergi.

Kepala syahbandara Labuan Bajo, Simon Baon mengatakan surat usulan penutupan pelabuhan laut oleh Pemkab Manggarai Barat menunggu jawaban pusat.

baca juga: Wali Kota Pangkalpinang Ingin Akses Ke Pulau Bangka Ditutup

"Kewenangan penutupan belum bisa diberlakukan masih menunggu keputusan pusat. Soal karantina wilayah menjadi kewenangan pusat, " ujarnya singkat.

"Keputusan pusat. Dan kita masih menunggu jawaban usulan surat Pemkab Manggarai Barat dari lembaga terkait karantina wilayah. Penutupan hanya dilakukan bagi kapal penumpang bukan kapal barang. Kapal fery ASDP sejak hari ini tutup penyeberangannya," katanya. (OL-3)

BERITA TERKAIT