26 March 2020, 09:05 WIB

Pulang Dari Abu Dhabi, Warga Kota Tegal Positif Covid-19


Supardji Rasban | Nusantara

Seorang laki-laki berusia 34 tahun warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah dinyatakan positif covid-19. Dia diketahui baru pulang dari Abu Dhabi.

"Pasien masuk ke RSUD Kardinah Kota Tegal pada 16 Maret 2020 pukul 02.00 dini hari. Pasien pulang dari Abu Dhabi Uni Emiral Arab sebagai pekerja di pengeboran minyak," ujar Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal, Rabu (25/3) malam.

Dedy menerangkan untuk diagnosis Pasien Dalam Pengawasan (PDP), di awal ada keluhan batuk, pilek, panas, mencret, dan juga sesak napas. Hasil pemeriksaan swab yang pertama pada 17 Maret 2020, dia dinyatakan negatif. Namun, pada
pemeriksaan kedua 19 Maret yang hasilnya dikeluarkan pada 24 Maret, PDP dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: Satu Lagi Pasien PDP Covid-19 di Aceh Meninggal

"Jadi, konfirmasi diagnosis virus korona. Kini dirawat di ruang isolasi khusus. Keadaan umum pasien baik dan stabil tidak panas, tidak sesak napas," jelasnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan pihaknya sudah mengonfirmasi ke PT KAI untuk mengetahui nama para penumpang yang satu gerbong dengan PDP. Nantinya akan diinformasikan kepada Provinsi Jawa Tengah.

"Harus dilacak dan riwayat kontaknya harus tahu. Satu gerbong diharapkan harus karantina dulu agar tidak ada penyebaran," tegas Dedy. (OL-14)

BERITA TERKAIT