26 March 2020, 08:25 WIB

Ribuan APD Bantuan dari Pusat Tiba di Kalsel


Denny Susanto | Nusantara

Ribuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis bantuan dari pemerintah pusat tiba di Kalimantan Selatan (Kalsel). Pemerintah Provinsi Kalsel siap membagikan insentif bagi tenaga medis yang bertugas menangani virus covid-19.

Rabu (25/3) malam pesawat CN-295/A-2907 milik TNI AU dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta mendarat di Lanud Syamsuddin Noor. Pesawat ini mengangkut alat kesehatan berupa APD dari Gugus Nasional Penanganan Bencana Virus Korona.

Bantuan APD tersebut diserahkan secara simbolis dari Gugus Tugas Nasional yang diwakili Komandan Korem 101/Ant Kolonel Inf M. Syech Ismed kepada Ketua Gugus Tugas Pengendalian, dan Penanganan Virus Korona Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie.

Baca juga: Usai dari Bali dan Jatim, Satu PDP di Kalsel Positif Korona

Jumlah APD bantuan pemerintah (Gugus Tugas Nasional) yang diberikan kali ini 40 boks atau 2.000 APD. Ini merupakan bantuan kedua yang diterima Kalsel. Sehari sebelumnya bantuan APD dari Kementerian Kesehatan juga tiba di Kalsel sebanyak 30 boks atau sekitar 1.500 APD.

"APD ini akan langsung kita distribusikan ke rumah sakit untuk digunakan petugas medis dalam menangani virus korona," tutur Abdul, Kamis (26/3).

Saat ini, rumah sakit (RS) yang ditetapkan sebagai rujukan penanganan penderita covid-19 adalah RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Boejasin Tanah Laut. Selain itu, RS lainnya adalah RSUD Anshari Saleh Banjarmasin, RSUD Idaman Banjarbaru dan RSUD Hasan Basery Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus covid-19 di 13 kabupaten/kota di Kalsel saat ini bertambah menjadi 835 orang. Pemprov Kalsel sendiri telah siap membagikan insentif bagi tenaga medis. (OL-14)

BERITA TERKAIT