26 March 2020, 00:03 WIB

Ini Selebritas Dunia Terkena Virus Korona


Baharman | Internasional

COVID-19 terus merangsek ke seluruh penjuru dunia, penyebarannya begitu cepat buktinya dalam tiga bulan terakhir sejak pertama kali diketahui virus korona menjangkit di Wuhan, Tiongkok, 5 Januari tahun ini, sekarang sudah menyebar di 186 negara.

Nyaris tidak ada lagi tempat bersembunyi dari serangan wabah korona itu, bahkan krisis covid-19 tidak memandang kasta, jenis kelamin serta usia. Tengok saja sejumlah selebritas dunia juga terkena ganasnya mahluk yang berukuran 0,125 mikro itu, berikut siapa saja mereka;

Seni

  1. Bintang veteran Afro-jazz Manu Dibango, 86, pada hari Selasa (24/3) menjadi salah satu bintang global pertama yang meninggal karena covid-19.
  2. Terrence McNally, penulis naskah drama Amerika yang dihormati, juga meninggal Selasa dalam usia 81 tahun, setelah komplikasi coronavirus.
  3. Legenda musik Kongo Aurlus Mabele, yang dikenal sebagai "King of Soukous", varian modern tempo tinggi rumba Kongo, meninggal di Paris pekan lalu, dalam usia 67 tahun.
  4. Bintang opera Spanyol, Placido Domingo, Minggu mengatakan dia telah dites positif, menambahkan dia "dalam kondisi sehat".
  5. Produser Hollywood yang jatuh Harvey Weinstein, di penjara di negara bagian New York setelah dijatuhi hukuman 23 tahun karena pemerkosaan dan kekerasan seksual, juga dinyatakan positif, media AS melaporkan pada hari Minggu.
  6. Aktor peraih Oscar Tom Hanks dan istrinya, aktris dan penyanyi Rita Wilson, mengatakan pada hari Senin (23/3) mereka melakukan lebih baik setelah hampir dua minggu karantina di Australia.
  7. Aktor Inggris Idris Elba mengatakan pada 16 Maret bahwa ia telah dites positif untuk virus dan pergi ke isolasi diri.
  8. Penulis Chili Luis Sepulveda, yang tinggal di Spanyol utara, juga memiliki virus dan dirawat di rumah sakit. Dia merasakan gejala pertama pada 25 Februari.

Politik

  1. Pangeran Charles, putra tertua dan pewaris Ratu Elizabeth II, telah dinyatakan positif dan menunjukkan gejala ringan tetapi "jika tidak tetap sehat", kantornya mengatakan Rabu.
  2. Aktivis iklim Swedia Thunberg mengatakan pada hari Selasa bahwa "sangat mungkin" dia tertular virus tersebut setelah mengalami gejala-gejala setelah perjalanan ke Eropa tengah.
  3. Pangeran Albert II dari Monako dinyatakan positif, meskipun "tidak ada masalah dengan kesehatannya" kata istana pada 19 Maret.
  4. Michel Barnier, yang memimpin negosiasi Uni Eropa dengan Inggris mengenai Brexit, mengumumkan pada 19 Maret bahwa ia telah dinyatakan positif.
  5. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah di isolasi sejak 13 Maret setelah istrinya Sophie Gregoire Trudeau dinyatakan positif.
  6. Hasil tes pertama untuk Kanselir Jerman Angela Merkel kembali negatif pada hari Senin. Merkel mulai mengasingkan diri pada hari Minggu setelah dirawat oleh dokter yang kemudian dinyatakan positif terkena virus.
  7. Pada hari Selasa (24/3), Finlandia mengatakan pemenang Nobel dan mantan presiden Finlandia Martti Ahtisaari, berusia 82 tahun, telah tertular virus itu.

Olahraga

  1. Mantan presiden Real Madrid Lorenzo Sanz meninggal pada hari Sabtu dalam usia 76, tiga hari setelah dirawat di rumah sakit dengan coronavirus.
  2. Di Italia beberapa pemain di Juventus terinfeksi, termasuk pemenang Piala Dunia 2018 Prancis Blaise Matuidi dan penyerang Argentina Paulo Dybala.
  3. Mantan bek AC Milan Paolo Maldini dan putra pesepakbolanya Daniel mengumumkan mereka positif pada Sabtu.
  4. Di Inggris, manajer Arsenal Mikel Arteta telah dinyatakan positif.
  5. Ikon sepakbola Turki Fatih Terim, manajer raksasa Istanbul Galatasaray, juga positif.
  6. Setidaknya 14 pemain dari NBA dinyatakan positif, termasuk superstar Brooklyn Nets Kevin Durant dan Rudy Gobert dari Utah Jazz dari Prancis. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT