25 March 2020, 23:40 WIB

PMI Jakbar Pastikan Pendonor Darah Bebas Covid-19


Antara | Humaniora

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta Cabang Jakarta Barat (Jakbar) memastikan pendonor darah di wilayahnya layak. Ini wajar, mengingat saat ini tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Penanggung Jawab Laboratorium Pelayanan Darah Unit Tranfusi Darah PMI Provinsi DKI Jakarta Cabang Kota Jakbar, Heni Dian Anggraini mengatakan pihaknya akan mengecek suhu tubuh pendonor terlebih dahulu.
 
"Apabila suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius, selanjutnya calon pendonor akan diminta mengisi formulir 'self assesment' dan formulir donor darah," ujar Heni, Rabu (25/3)

Baca juga: Atasi Covid-19, PMI Bangun Gudang Logistik Tambahan


 Namun apabila sebaliknya, maka koordinator donor darah akan menolak pendonor. Tujuannya untuk menghindari penyebaran covid-19 saat berdonor darah.
 
Sebelum memulai donor darah, pendonor nantinya dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan pembersih tangan. Selama antre dan mengisi formulir, akan diberlakukan jarak minimal satu meter untuk meminimalkan penularan covid-19.
 
"Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan, riwayat bepergian dan faktor rsiko lain terkait infeksi covid-19. Jika baru bepergian ke luar negeri atau negara yang terjangkit covid-19 atau kontak dengan pasien covid-19 dan merasa kurang sehat
sebaiknya menunda donor," tambahnya.
 
Begitu memulai donor darah, pendonor juga diberikan masker. Setelahnya, petugas akan menyemprotkan disinfektan ke kursi donor, serta pada peralatan yang digunakan. (OL-14)

BERITA TERKAIT