25 March 2020, 22:13 WIB

Pemakaman Ibunda Jokowi Hanya Dihadiri Keluarga dan Kerabat Dekat


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

STAF Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengungkapkan pemakaman almarhumah ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo akan dilangsungkan secara internal.

Prosesi pemakaman hanya akan dihadiri keluarga dan kerabat terdekat serta perwakilan dua menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

"Para anggota Kabinet Indonesia Maju berserta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing. Hanya dua anggota yang berangkat ke Solo untuk mendampingi Presiden, yakni Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung," ujar Fadjroel melalui keterangan resmi, Rabu (25/3).

Rencana pemakaman secara internal dibenarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga : Khofifah Ajak Salat Gaib untuk Ibunda Jokowi

"Besok dimakamkan pukul 13.00 WIB di Karang Anyar. Tadi mas Gibran (Rakabuming) meminta saya menyampaikan ke publik, untuk mendoakan ibu dari rumah. Keluarga akan menyambut doa itu dengan gembira," ucap Ganjar.

Keputusan untuk menjalankan prosesi secara internal diambil karena saat ini Indonesia tengah berjuang melawan Covid-19.

Keluarga Presiden tidak ingin terjadi kerumunan yang nantinya memunculkan risiko penyebaran virus yang akhirnya akan merugikan masyarakat luas.

"Tentu saja pengertiannya bukan tidak boleh masyarakat datang. Keluarga tidak menyampaikan seperti itu. Tetapi karena Indonesia sedang berjuang melawan korona, kalau ada kerumunan tentu tidak baik untuk kondisi hari ini. Maka dari itu, keluarga menyampaikan terima kasih jika masyarakat bisa mendoakan dari rumah," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT