25 March 2020, 20:02 WIB

Begini Profil Singkat Mendiang Ibunda Presiden Jokowi


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo tengah berduka lantaran ibunda tercinta, Sudjiatmi Notomihardjo wafat pada usia 77 tahun di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3), pukul 16.45 WIB.

Lahir di Boyolali Jawa Tengah, 15 Februari 1943, Sudjiatmi berasal dari keluarga pedagang. Ayahanda Sudjiatmi, Wiroredjo merupakan pedagang kayu dan bambu. Ibu Sudjiatmi bernama Sani.

Sudjiatmi dan Widjiatno kemudian menikah di usia muda pada 23 Agustus 1959. Mereka memutuskan untuk tinggal di Solo.

Jokowi memiliki tiga saudara, namun dia laki-laki atau putra tunggal. Ketiga saudara kandungnya merupakan perempuan, yakni Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Sebelum terjun ke dunia politik, Jokowi muda tinggal di kaki Gunung Burni Telong, Kabupaten Bener Meriah, sejak 1986 hingga 1989. Masa kecil Presiden Joko Widodo cukup memilukan.

Baca juga :  Jenazah Ibunda Jokowi Tiba di Rumah Duka di Kelurahan Sumber

Terlahir dari keluarga tak berada, Jokowi dan kedua orang tuanya tinggal di bantaran Kali Anyar di Gilingan, Solo.

Saat itu, Jokowi mengaku sempat takut tidak bisa sekolah dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sebab, kedua orang tuanya hanya berjualan bambu dan kayu di pasar

Jokowi menikahi Iriana dan memulai usaha sebagai tukang kayu. Ia pun mengaku masih khawatir tidak mampu membiayai pendidikan ketiga orang anaknya, Ghibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Saat Jokowi terjun ke dunia politik, Sudjiatmi lebih banyak memberikan dukungan moral kepada Jokowi dan tak pernah mencampuri urusan politik Jokowi,

Baik saat Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, maupun Presiden RI, Sudjiatmi memilih untuk terus berada di Solo, tempatnya membesarkan anak-anaknya, meski sang anak kini jadi pemimpin negeri. (OL-7)

BERITA TERKAIT