25 March 2020, 19:05 WIB

Tanah Longsor Tutup Ruas Jalan Nasional Jambi-Sumbar


Solmi | Nusantara

BANJIR bandang dan tanah longsor menutup Sebagian ruas jalan nasional Kerinci, Jambi -Sumatra Barat (Sumbar) setelah hujan deras mengguyur daerah setempat, Selasa (24/3) petang.

Akibatnya, timbunan tanah dan batu membuat jalan yang menghubungkan Kota Sungaipenuh Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat atau tepatnya di kilometer (Km) 10, Km11 dan Km17 tidak bisa dilewati.

Kasat Lantas Polres Kerinci, AKP Suharto kepada awak media mengatakan, pembersihan badan jalan yang tertimbun dilakukan sepanjang malam sampai Rabu (25/3) pagi, menggunakan alat berat yang gotong royong apparat kepolisian bersama jajaran pemda terkait dan masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, hujan deras disertai angin kencang Selasa sore itu, menyebabkan sungai Batang Merao dan beberapa anak sungainya meluap dan membanjiri  permukiman dan akses jalan umum sejumlah desa, kelurahan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Dari informasi yang dihimpun permukiman warga dan badan jalan yang tergenang terjadi di sejumlah desa di KecamatanSiulak, Kecamatan Air Hangat dan Kecamatan Air Hangat Barat. Banjir terparah antara di Desa Bendar Sedap, Desa Dalam, Siulak Gedang dan Pasar Siulak Gedang.

Sementara wilayah Kota Sungaipenuh yang terdampak banjir, antara lain melanda beberapa desa di Kecamatan Pesisir Bukit, antara lain Desa Koto Lolo, Koto Bento dan Koto Tengah. (OL-2)

BERITA TERKAIT