25 March 2020, 16:14 WIB

Total Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 790 Orang


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH mencatat terdapat 105 kasus Covid-19 baru, pada Rabu (25/3). Dengan tambahan tersebut, total pasien yang terinfeksi virus korona di Indonesia mencapai 790 orang.

"Untuk pasien yang sembuh dan lepas perawatan dari rumah sakit bertambah satu orang sehingga total pasien sembuh ada 31 orang," ujar juru bicara pemerintah terkait penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Cegah Covid-19, BNI Alihkan Layanan Sebagian Kantor Cabang

Adapun, korban meninggal akibat penyakit menular mematikan itu, berdasarkan data terbaru, mencapai 58 orang. "Angka kematian hari ini bertambah tiga orang. Kemarin 55 pasien meninggal, ditambah hari ini menjadi 58 orang," tuturnya.

Ia pun meyampaikan dua pesan penting yang harus diterapkan seluruh masyarakat. Covid-19 adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, menjaga jarak adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk saat ini.

"Sebisa mungkin kita harus jaga jarak dalam berinteraksi sosial, bukan hanya di luar rumah melainkan juga di dalam rumah. Kalau ada yang sakit, gunakan masker," sambung Yuri.

Yang tidak kalah penting, selalu cuci tangan dengan sabun. Menurutnya, cuci tangan dengan sabun jauh lebih efektif membunuh virus ketimbang dengan menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Pembangunan RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang Sudah 78 Persen

"Jauh lebih efektif pakai sabun ketimbang hand sanitizer. Kalau pakai sabun, tangan kita kena air yang mengalir, semua sela-sela jari dan punggung tangan dibilas. Kalau pakai sanitizer, biasanya hanya telapak saja yang kena," tandasnya. (Pra/A-3)

BERITA TERKAIT