25 March 2020, 16:13 WIB

Olimpiade Ditunda, PBSI akan Sesuaikan Dana Pelatnas


Akmal Fauzi | Olahraga

PENGURUS Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyebut akan ada penyesuaian anggaran dana pelatihan nasional (pelatnas) sebagai dampak ditundanya Olimpiade Tokyo 2020.

Sekeretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan penundaan Olimpiade hingga satu tahun membuat durasi pelatnas semakin panjang. Namun, kata dia, dampak pandemi virus korona (Covid-19) juga berimbas ke penundaan turnamen-turnamen yang harusnya diikuti sebagai ajang kualifikasi ataupun persiapan Olimpiade.

Baca juga: Jepang Belum Pastikan Kapan Olimpiade 2020 Digelar

"Akan ada penyesuaian. Turnamen besar yang saat ini ditunda, anggarannya kan tak terpakai. Jadi tinggal disesuaikan saja," kata Budiharto saat dihubungi, Rabu (25/3).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dana pelatnas. Dalam nota kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani dengan Kemenpora, PBSI mendapat dana pelatnas sebesar Rp18,6 miliar.

Budiharto menambahkan, belum ada keputusan soal apakah kualifikasi olimpiade yang seharusnya selesai April nanti akan diperpanjang atau tidak. PBSI akan menerima apa yang diputuskan.

"Kami tak punya pilihan. Kami realistisi ikut apa yang diputuskan," ujarnya.

Menurutnya, keputusan penundaan Olimpiade merupakan pilihan terbaik karena menyangkut keselamatan atlet, ofisial dan juga penonton.

"Ini demi kemaslahatan semua. Ini bukan berbicara untung dan rugi. Ini berbicara kepentingan untuk semuanya," jelasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT