25 March 2020, 14:20 WIB

PDP di Pamekasan yang Meninggal Negatif Covid-19


Mohammad Ghazi | Nusantara

SATU pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dalam perawatan RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan, Jawa Timur, dinyatakan negatif Covid-19. Hasil swab (dahak) yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya menyatakan tidak ditemukan indikasi paparan Covid-19.

Direktur RSUD Slamet Martodirdjo, Farid Anwar, mengatakan hasil uji swab tersebut bisa dipertang jawabkan karena peralatan yang dimiliki sangat memadai dan menjadi laboratorium yang diberi kewenangan oleh pemerintah
untuk melakukan uji kandungan virus korona.

"Hasil uji swab tersebut menjadi dasar untuk menyatakan PDP yang dimaksud negatif Covid-19," katanya, Rabu (25/3).

Sebelumnya, RSUD Pamekasan merawat seorang pasien yang ditetapkan berstatus PDP. Status itu ditetapkan karena berdasar riwayat, pasien berusia 11 tahun tersebut baru datang dari Malang yang dinyatakan sebagai daerah zona merah korona di Jawa Timur. 

Pasien tersebut meninggal dunua setelah beberapa jam menjalani perawatan di ruang isolasi. Pasca meninggalnya PDP berjenis kelamin perempuan itu, seluruh warga perumahan tempat tinggal  pasien  tersebut dinyatakan berstatus orang dalam resiko (ODR) dan dihimbau tidak keluar rumah. (OL-13)

Baca Juga: Malaysia Perpanjang Lockdown 

BERITA TERKAIT