25 March 2020, 14:11 WIB

Pengusaha Properti Tawari PSSI Tes Covid-19


Cahya Mulyana | Ekonomi

Pengusaha properti Jerry Hermawan Lo melakukan pemeriksaan kesehatan virus korona (covid-19) secara mandiri. Selain untuk memastikan kondisi sehat usai bepergian ke Singapura, ia juga mengajak tes serupa terhadap keluarga dan karyawannya dengan jumlah 80 orang.

"Saya tak mau diri saya, keluarga dan karyawan saya jadi penyebar virus covid-19 ke masyarakat lainnya. Makanya kami memilih mengundang mobil tes dari rumah RS Royal Progres dengan biaya pribadi untuk memastikan kondisi kesehatan kami," kata pria yang akrab disapa JHL ini dalam keterangan resmi, Rabu (25/3).

Baca juga: Cegah Mudik, Kemenhub Dorong Video Call Silaturahim saat Lebaran

Ia mengatakan pengetesan dilakukan oleh klinik mobile medis dari rumah sakit swasta. Itu adalah rumah sakit Royal Progres yang beralamat di jalan Danau Sunter Utara Paradise 1 Jakarta Utara.

"Jadi tidak benar tes kesehatan itu merupakan hasil bantuan dari pemerintah," katanya.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat Tutup Bandara Komodo dan Pelabuhan Laut

Sehingga, dia membantah kabar pemeriksaan kesehatan dirinya menggunakan anggaran negara. Awalnya, JHL mengaku kesulitan untuk mendapatkan kit test Covid-19 setelah dua minggu sebelumnya melakukan perjalanan ke Singapura untuk keperluan bisnis.

Adapun jumlah orang yang diperiksa dalam tes kesehatan itu sebanyak 80 orang. Yang terdiri dari keluarga di rumah, karyawan kantor, sopir, pembantu dan security. "Yang saya butuhkan hanya butuh hasil lab dari orang-orang terdekat saya, apakah ada dari mereka yang terpapar covid-19,” terangnya.

Baca juga: Riset Anyar, Virus Covid-19 Bisa Bertahan 2 Minggu di Permukaan

Adapun kedatangan Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan atau Iwan Bule, kata dia, untuk melihat proses tes covid-19. "Saya juga menawarkan apabila PSSI akan melakukan tes yang sama," tutupnya. (X-15)

BERITA TERKAIT