25 March 2020, 12:53 WIB

NTT Terima 500 Set APD untuk Tenaga Medis


Palce Amalo | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT), dokter Dominikus Mere menyebutkan sebanyak 500 set alat pelindung diri (APD) untuk tim medis yang bertugas menangani pasien virus korona di daerah itu sudah tiba.

"APD sudah tiba, dan sudah diangkut ke gudang Dinas Kesehatan," kata Dominikus Mere di Kupang, Rabu (25/3).

APD dikirim dari Pemerintah Pusat diangkut dengan Pesawat Lion Air dari Denpasar, Bali sejak Selasa (24/3), langsung didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien virus korona. APD tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

Kepala Biro Humas NTT Marius Jelamu mengatakan NTT membutuhkan maksimal 350.000 set APD untuk dibagikan kepada rumah sakit rujukan virus korona. Marius mengandaikan sebanyak 130 orang dalam pemantauan (OPD) di NTT saat ini, setelah menjalani tes ternyata seluruhnya positif korona. 

"Satu set APD itu sekali pakai, jika satu hari satu pasien dikunjungi empat dokter, itu sudah habiskan empat set. Bayangkan kalau ratusan pasien," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan NTT mengeluarkan data ODP korona di daerah itu berjumlah 151 orang. Dari jumlah itu 21 orang dinyatakan sehat, 120 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan 10 orang dirawat di rumah sakit.

baca juga: Produksi Beras di Kabupaten Malang Defisit Tapi Aman

Namun, satu di antara 10 orang yang dirawat meninggal pada Rabu pagi di Rumah Sakit Komodo di Labuan Bajo. sedangkan sembilan orang lainnya tersebar di  Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang sebanyak 3 orang, RS TC Hillers Maumere, Kabupaten Sikka dua orang, RS Kalabahi 1 orang, RS Umbu  Rara Meha di Sumba Timur satu orang, dan RS Ende di Kabupaten Ende 1 orang. (OL-3)

BERITA TERKAIT