25 March 2020, 12:27 WIB

8 KA Lewat di Daop 5 Purwokerto Dibatalkan Operasinya


Lilik Darmawan | Nusantara

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengurangi perjalanan delapan KA yang lewat Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng). Pemberangkatan KA tersebut dari Solo dan Yogyakarta dengan tujuan  Jakarta yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto. Pembatalan itu akan berlangsung pada 26-31 Maret mendatang. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan ada delapan  perajalanan KA yang dibatalkan. 

"KA-KA tersebut semuanya lewat di wilayah Daop 5. Yakni KA Taksaka Pagi dan Malam relasi  Gambir-Yogyakarta, KA Senja Utama Yogya dan KA Fajar Utama Yogya relasi  Pasar Senen-Yogyakarta, KA Lodaya Pagi dan Malam relasi Solo-Bandung, serta dua KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) relasi Kebumen-Yogyakarta," jelas Supriyanto pada Rabu (25/3).

Menurutnya, pembatalan KA-KA tersebut merupakan tindak lanjut dari penetapan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah akibat virus korona oleh BNPB. 


"Berdasarkan pernyataan dari kantor  pusat, kebijakan pembatalan KA dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam rangka pembatasan kegiatan di luar rumah," tambahnya. 

Ia mengatakan bagi penumpang yang telanjur membeli tiket pada waktu antara 26-31 Maret, dapat membatalkan perjalanannya. 

"Tiket yang telah dibeli dapat dikembalikan 100% secara tunai di stasiun keberangkatan maupun stasiun lainnya. Jika penumpang mengalihkan ke KA lainnya, akan ada aturan tertentu," terang Supriyanto.

baca juga: ASN Pemprov Sumsel Kerja Dari Rumah Mulai 26 Maret

Meski terdapat pengurangan jadwal KA, tetapi PT KAI tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang yang membutuhkan transportasi KA dengan segala protokol pencegahan virus korona yang telah disiapkan. (OL-3)
'

BERITA TERKAIT