25 March 2020, 11:35 WIB

Cegah Korona, Desa di Banyumas Bikin Aplikasi Lapor Pendatang


Lilik Darmawan | Teknologi

PEMERINTAH Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas,Jawa Tengah (jateng) merespons kebijakan Pemkab Banyumas untuk mendata  para pendatang dari luar daerah. Dengan membuat aplikasi  https://darmakradenan.desa.id/lapor yang berada di situs desa. Warga dapat melaporkan secara langsung kalau ada pendatang yang balik ke kampung setempat.

Kepala Desa Darmakradenan Imam WS mengatakan bahwa pembuatan aplikasi lapor itu penting sebagai bagian dari upaya pemantauan para pendatang dari luar kota yang masuk Desa Darmakradenan. 

"Pemdes memanfaatkan teknologi, melalui website desa. Jadi, warga bisa langsung melaporkan, hanya tinggal klik lapor saja," ¬Ějelasnya pada Rabu (25/3).

Menurutnya, dengan adanya aplikasi tersebut, warga juga aktif untuk memantau keberadaan para pendatang.

"Di dalam form tersebut akan ada pertanyaan mengenai daerah asal, tempat tinggal di Darmakradenan, serta statusnya sehat atau tidak. Hal itu untuk memudahkan data 
pendatang," ujarnya.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Darmakradenan Ahmd Miftah mengungkapkan dengan adanya aplikasi itu, maka diharapkan masyarakat juga turut aktif melaporkan. 

baca juga: RSUD Larantuka Sediakan Tiga Posko Skrining Pengunjung

"Kuncinya menumbuhkan kesadaran dan peran serta aktif dari warga dalam kondisi darurat seperti sekarang. Masyarakat jadi berpikir bukan hanya untuk dirinya, melainkan juga masyarakat Darmakradenan. Pemdesa juga tahu orang dalam pemantauan (ODP) di mana saja posisinya. Rekap ini langsung dilaporkan ke Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam). Sehingga nantinya data terbaru bisa termonitor," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT