25 March 2020, 10:53 WIB

Aceh Akan Bangun Laboratorium Covid-19


Amiruddin Abdullah Reubee, Hendra Saputra | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Aceh sedang membangun laboratorium pemeriksaan spesimen untuk warga terinfeksi maupun terduga covid-19. Pembangunan fasilitas kesehatan itu sebagai gerak cepat pemerintah di Serambi Mekkah dalam rangkan melindungi korban dari penyakit yang sudah menjadi pandemi. Sekarang berbagai failitas dan kebutuhan laboratorium sedang dipersiapkan oleh pihak terkait dan Dinas Kesehatan Aceh. Semua peralatan dan fasilitas pendukung juga sedang dipersiapkan.

Diharapkan dalam beberapa hari ini, laboratorium pemeriksaan spesimen virus korona Aceh segera rampung. Dengan demikian Pemerintah Provinsi Aceh bersama pihak yang terlibat menangani Covid-19 bisa memeriksa setiap spesimen warga secara mandiri di laboratorium setempat. Tidak perlu lagi mengirim ke Jakarta sehingga membutuhkan waktu lama untuk diketahui hasil pasien.

"Laboratorium pemeriksaan Covid-19 sedang kita persiapkan dan ditargetkan selesai dalam beberapa hari ini" kata Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pada Selasa (24/3) usai rapat secara video conference dengan Satuan Kerja Perangkat Aceh.

baca juga: Khofifah Mohon Doa Ulama Agar Covid-19 Segera Berlalu

Dikatakan Gubernur Aceh, pihaknya juga terus meningkatkan fasilitas pendukung lainnya untuk penanganan korban virus berbahaya itu. Misalnya menambah ruang RICU di Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh menjadi 26. Lalu menetapkan 13 rumah sakit rujuka Covid-19 di Aceh, dari sebelumnya 2 rumah sakit. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT