25 March 2020, 08:52 WIB

Melintas Brebes, Penumpang Disemprot Desinfektan


Supardji Rasban | Nusantara

GERAKAN menangkal pesebaran virus korona terus dilakukan berbagai pihak di daerah. Bupati Brebes Idza Priyanti bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) setempat memantau kedatangan penumpang dari Jakarta dan daerah lain yang melintas di Brebes. Mereka langsung disemprot cairan disinfekta dan diperiksa kesehatannya.
     
Penyemprotan cairan disinektan dilakukan di sejumlah tempat antara lain di Stasiun Brebes, SPBU Pool Bus PO Dedy Jaya Tanjung, Depan Puskesmas Banjarharjo. Dalam pemeriksaan tersebut seluruh penumpang maupun awak angkutan satu persatu diperiksa suhu tubuhnya dan disemprot dengan cairan disinfektan. Selain itu kendaraan yang mereka naiki juga tidak luput dari semprotan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes.
     
Idza menjelaskan, pemeriksaan kesehatan penumpang sangat perlu dilakukan guna menangkal masuknya covid- 9 ke Brebes. Antisipasi dini dilakukan bagi mereka yang datang dari wilayah yang tergolong zona merah dalam kasus corona, seperti Jakarta.
     
Dalam rilis yang diterima mediaindonesia.com, Rabu (25/3), bupati mengajak semua penumpang untuk tetap waspada dan berdoa agar dapat bersama sama terhindar dari virus yang mematikan tersebut.
     
"Tetap waspada dan berdoa agar kita tidak terkena virus korona, dan jangan lupa patuhi segala himbauan pemerintah," ucap Idza.

baca juga: Pasien dalam Pengawasan di Bali Naik Jadi 111 Orang
    
Pemeriksaan penumpang yang datang dari Jakarta juga dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes serta BPBD Brebes. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Johari, menuturkan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan di lima titik yaitu Stasiun Brebes, SPBU Pool Bus PO Sinar Jaya Kelampok, Pool Bus PO Dedy Jaya Tanjung, Depan Puskesmas Banjarharjo dan di Bumiayu.
    
"Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan belum ditemukan indikasi penumpang transportasi umum yang turun di Brebes yang terpapar virus korona," kata Johari. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT