25 March 2020, 00:35 WIB

Tangkal Covid 19, Matakin Bagikan Hand Sanitizer Gratis


Syarief Oebaydillah | Humaniora

MAKIN tingginya tingkat penyebaran virus korona Covid-19 di Imdonesia mmantik keprihatinan banyak orang. Salah satunya ialah Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

Matakin mewujudkan keprihatinan itu dengan membagikan secara gratis spray pembersih tangan kepada warga wilayah DKI dan Jabodetabek.

Pembagian spray bertujuan membantu warga yang saat ini kesulitan mendapatkan hand sanitizer dan harganya yang mulai melambumg di sejumlah tempat berjualan.

“Dengan dibagikannya spray pembersih tangan ini, saya berharap dapat membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid 19.Mengingat sekarang sulit didapatkan kalaupun ada harganya mahal ”. kata Ketua Umum Matakin Budi S Tanuwibowo melalui keterangan resmi yang diterima Media Indonesia

Adapun produksi pembuatan hand sanitizer ini dilakukan para relawan Matakin sejak 19 Maret.

Saat ini Matakin telah menyalurkan sekitar 500 liter sanitizer kepada Litang, Bio dan Kelenteng yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Banten, Tegal, Surabaya dan kota-kota lain.

Baca juga : Ini Pedoman Tenaga Medis dan Masyarakat Penanganan Covid-19

Penyaluran itu akan terus dilanjutkan dan terus diproduksi agar dapat mencakup wilayah yang lebih luas lagi.

Selain pembagian hand sanitizer Matakin juga mengimbau kepada umat untuk melaksanakan persembahyangan di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah serta selalu menjaga kebersihan.

“Kami telah mengeluarkan imbauan agar umat Khonghucu melaksanakan semua persembahyangan di rumah mengingat pada bulan Maret- April 2020 ini bertepatan banyak kegiatan hari besar agama Khonghucu, " kata Budi.

Dia juga mengimbau semua umat Khonghucu dapat melaksanakan anjuran pemerintah untuk menjaga kebersihan dan menjaga jarak sosial.

Budi mengapresiasi kepada semua pihak yang telah menyisihkan dananya guna mendukung kegiatan ini guna bersama cegah penyebaran virus agar Indonesia dapat segera terbebas dari wabah covid-19

"Marilah bersama kita jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan membersihkan diri, mengurangi kegiatan diluar rumah yang tidak perlu, dan menjaga jarak social atau social distancing. Tidak perlu panik berlebihan namun tetap waspada. Jaga diri dan kesehatan demi diri sendiri, keluarga dan orang lain," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT