24 March 2020, 21:18 WIB

Olimpiade Ditunda, KOI Akan Koordinasi dengan IOC


Akmal Fauzi | Olahraga

KETUA Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari akan mengirim surat ke Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach ihwal penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami akan segera menyurati IOC untuk menanyakan teknis selanjutnya terkait penundaan ini. Karena apakah proses kualifikasi dihentikan dan tetap menggunakan hasil yang sekarang atau ada perubahan lain,” kata Okto saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (24/3).

Okto mengatakan bakal mendukung apapun keputusan IOC. Indonesia, kata dia, tetap berupaya mendapatkan kepercayaan untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Kabar penundaan Olimpiade disampaikan langsung Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah melakukan konferensi video dengan Thomas Bach.

Baca juga: Jepang Tunda Penyelenggaraan Olimpiade Hingga Tahun Depan

Selain Olimpiade, Tokyo Paralympic juga akan ditunda hingga 2021. Abe menambahkan, keputusan itu diharapkan bisa membuat para atlet yang berlaga bisa tampil dalam kondisi terbaik, dan juga memberikan keamanan dan keselamatan para penonton.

IOC dan juga pihak penyelenggara mendapat tekanan dari beberapa pihak agar menunda pesta olahraga sejagad itu lantaran pandemi virus korona.

Sejumlah negara seperti Kanada dan Australia juga mengancam tidak akan mengirimkan atletnya bila Olimpiade 2020 tak ditunda.

Olimpiade 2020 Tokyo sejatinya bakal berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang. (OL-4)

BERITA TERKAIT