24 March 2020, 19:30 WIB

Pemprov Jambi Kini Sibuk Tracking Satu PDP Positif Korona


SolmiĀ  | Nusantara

TIM tarpadu dari Gugus Tugas Penanganan Virus Korona Provinsi Jambi, kini sibuk melakukan contct tracking dari seorang PDP di Jambi yang dinyatakan  positif virus korna (Covid-19), Seperti yang dirilis Juru Bicara Pemerintah RI untuk Covid-19, Achmad Yurianto, Senin (23/3) di Jakarta.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Korona Jambi Johansyah, membenarkan hal itu. Menurutnya, warga Jambi yang terinfeksi adalah seorang pria berusia sekitar 55 tahun, yang demam sepulang dari perjalanan dari Jakarta beberapa waktu lalu. Yang bersangkutan adalah satu dari 13 orang PDP yang saat ini dirawat intensif di kamar isolasi Rumah Sakit
Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher di Kota Jambi.

Menindaklanjuti kabar buruk dari hasil pemeriksaan sampel swab PDP bersangkutan di Litbangkes Kemenkes RI itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Jambi, papar Johansyah beberapa hari kedepan melacak kontak hubungan yang pernah berdekatan atau bersentuhan dengan pasien terinfeksi.

"Semua akan kita telusuri dan dilakukan tes kesehatan, termasuk keluarganya. Jika ada yang terindikasi suspek akan ditindalanjuti dengan penindakan medis di kamar isolasi yang tersedia di rmah sakit rujukan di Jambi," kata Johansyah.

Dijelaskan Johansyah, yang didataperiksa adalah warga yang pernah kontak atau berdekatan dengan si pasien dalam kurun 14 hari sebelum pasien terinfeksi dirawat di RSUD Raden Mattaher.

Sementara itu, sampai Selasa ini belum ada informasi  penambahan PDP yang dirawat RSUD Raden Mataher. Seperti dilaporkan Johansyah sebelumnya, jumlah warga Jambi yang masuk kelompok PDP sebanyak 13 orang.

Dari hasil pemeriksaan lab yang sudah keluar dari Litbangkes Kemenkes, satu orang PDP dinyatakan positif dan dua PDP negatif terinfeksi Covid-19. Sementara jumlah warga masuk kelompok OPD (Orang Dalam Pemantauan) sementara tercatat 144. (OL-13)
 

BERITA TERKAIT