24 March 2020, 19:56 WIB

Rumah Zakat Sumbang APD dan Logistik untuk Tim Medis


Bayu Anggoro | Nusantara

KERJA sama semua pihak memang sangat dalam situasi seperti sekarang ini. Kondisi itu disadari betul oleh Rumah Zakat.

Untuk itu mereka menyalurkan alat pelindung diri (APD) untuk tiga rumah sakit dan satu puskesmas yang ada di Kota dan Kabupaten Bandung pada Selasa (24/3). APD yang merupakan donasi dari para donatur itu dikirimkan ke RS Hasan Sadikin, RS Soreang, RS Al Ihsan, dan UPT Puskesmas Riung Bandung.

Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda, mengatakan, dengan penyaluran APD ini diharapkan dapat mencegah tim medis tertular Covid-19 yang telah menewaskan puluhan orang di Indonesia.

"Seperti banyak diberitakan bahwa saat ini stok APD tenaga medis Indonesia tengah menipis. Sehingga mereka terpaksa menggunakan perlengkapan seadanya seperti jas hujan danmasker yang tidak standar. Padahal mereka garda terdepan yang sangat rentan terpapar virus korona," katanya.

Selain menyalurkan APD, Rumah Zakat pun menyalurkan makanan bergizi seperti buah-buahan dan susu bagi tim medis. Hal itu agar daya tahan tubuh para dokter, perawat, dan juga petugas rumah sakit lainnya terjaga.

"Jangan sampai ada korban lagi dari tim medis Indonesia. Kami sangat bersyukur masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kondisi para pahlawan covid-19 ini, sehingga donasi untuk mereka terus berdatangan," tambahnya.

Selain di Kota Bandung, Rumah Zakat akan terus mendistribusikan bantuan untuk para tenaga medis di kota lainnya yang berada di 33 provinsi. Bukan hanya alat pelindung diri, Rumah Zakat pun mengirimkan relawan untuk membersihkan fasilitas umum seperti masjid, halte bus, dan jembatan penyeberangan di sejumlah lokasi di 48 kabupaten dan 22 provinsi.

"Rumah Zakat membuka peluang kolaborasi dengan siapapun seperti pemerintah setempat, komunitas, lembaga atau korporasi, juga masyarakat untuk menghadapi virus korona ini," katanya. 

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Soreang Iping Suripto, berharap bantuan itu bisa meringankan pekerjaan tim medis.

"Terima kasih bantuannya. Adanya bantuan dari Rumah Zakat mudah mudahan kita bisa segera terbebas dari virus ini," katanya. (BY/A-1)

BERITA TERKAIT