24 March 2020, 19:35 WIB

Anggaran DPRD DKI Bakal Dipotong untuk Bantuan Covid-19


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani, menuturkan anggaran DPRD akan dipotong untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ia mendorong agar semua dana DPRD DKI yang sebelumnya dialokasikan untuk sosialisasi perda, rapat, kunjungan kerja dan dana yang bertujuan membuat keramaian bakal dialihkan ke bantuan seperti masker gratis, alat pelindung diri (APD) atau pemberian hand sanitizer.

Baca juga: PKS Berikan Bantuan 40 Ribu Masker pada Pemprov DKI

"Mereka yang rentan secara ekonomi, memenuhi kebutuhan pangan saja tidak pasti. Sekarang, banyak dari kita harus berhenti bekerja. Saya ingin mendorong agar dana DPRD DKI dialihkan ke bantuan itu," kata Zita saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (24/3).

Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Justin Adrian, membenarkan saat ini anggota dewan sedang mendiskusikan hal tersebut di grup WhatsApp karena terbatas oleh imbauan untuk tidak ada aktifitas berkerumun.

"Iya ini lagi dibicarakan pemotongan anggaran DPRD untuk itu. Di group WhatsApp, baik di group paripurna (seluruh dewan), komisi A, dan di fraksi sendiri. Hitung-hitung bisa kontribusi minimal beberapa miliar," kata Justin kepada Media Indonesia.

Namun, katanya pembahasan pemotongan anggaran DPRD nantinya dikonsultasikan ke Sekertariat DPRD, karena mereka yang memegang anggarannya. Ia juga memastikan pemotongan anggaran itu bukan dari gaji anggota dewan.

Justin juga menuturkan dalam mencairkan anggaran DPRD itu ada mekanismenya, di mana sekitar satu atau dua minggu kedepan perlu diadakan rapat resmi oleh Badan Musyawarah, Komisi A DPRD, sekertariat dewan, dan persetujuan pimpinan DPRD. (OL-6)

BERITA TERKAIT