24 March 2020, 18:35 WIB

Sesi Tanya Jawab Cawagub DKI Dihilangkan, Langsung Pemilihan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Panitia pemilihan (panlih) DPRD DKI Jakarta bakal menghapus sesi tanya jawab untuk calon wakil gubernur. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Panlih dari Fraksi Golkar, Basri Baco.

"Enggak ada sesi itu (tanya jawab). Langsung pemilihan," kata Baco saat dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3).

Seperti diketahui, pemilihan wagub DKI sempat ditunda lantaran pandemi covid-19. Namun, pada akhirnya mayoritas fraksi sepakat untuk meminta pemilihan tersebut digelar.

Baco juga mengatakan dalam sesi pemaparan pengembangan visi misi calon wagub, bakal dihadirkan melalui video atau live streaming. Hal itu berguna untuk mengurangi interaksi antara sesama anggota DPRD dengan kedua calon wagub.

Baca juga: Sempat Ditunda, Pemilihan Wagub DKI Digelar 27 Maret

Untuk teknis pemilihan, Baco juga mengatakan sama seperti rencana awal, yakni pemilihan secara tertutup. Kurang lebih sebanyak 106 anggota dewan akan menentukan pilihannya.

"One man one vote dan tertutup. Intinya pemilihan itu di dalam paripurna," imbuh Baco.

Pemilihan wagub pun bakal menggunakan surat suara. Hal itu mengacu pada tata tertib DPRD yang ada. Dalam surat itu ada foto calon wagub, nomor urut, dan nama calon. Untuk kuorum rapat paripurna pemilihan wagub ialah 50 persen + 1. Artinya, apabila ada 54 anggota dewan yang hadir rapat paripurna itu bisa dimulai

"Yang pasti tidak lebih dari 200 orang yang datang. Gubernur Anies juga diundang," pungkas Baco. (OL-14)

BERITA TERKAIT