24 March 2020, 17:50 WIB

Satu Warga Palembang yang Meninggal Dunia Positif Covid-19


Dwi Apriani | Nusantara

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengonfirmasi ada satu warganya positif covid-19. Ini disampaikan Herman dalam keterangan pers dengan awak media di Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (24/3).

"Benar. Ada satu warga Palembang positif covid-19 setelah dicek di Litbangkes Kemenkes RI beberapa waktu lalu," katanya.

Namun, lanjut Herman, pada data resmi tabel dari jubir gugus tugas nasional, belum disebut Sumsel ada yang meninggal.

"Tapi kalau kita lihat dari data spesimen sangat memungkinkan dari 2 saudara kita yang meninggal, 1 di antaranya positif covid-19. Itu informasinya karena data terakhir yang dikirim spesimen itu. Yang lain belum dijawab karena masih dalam proses. Jadi, sangat mungkin dari 2 pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal, 1 di antaranya positif covid-19," jelas Herman.

Namun Herman mengungkapkan kemungkinan ada ketidaksesuaian data dengan atgas pusat. "Dari kota Palembang informasi kuat, tapi belum ada di tabel tentang PDP yang meninggal, tapi kita dapat mentah, maka saya garis bawahi kemungkinan," jelasnya.

Baca juga: Tetapkan Status Waspada Meski Belum Ada Korban

Dengan adanya status positif korona yang menjangkiti warga Palembang, Herman mengaku pihaknya akan memaksimalkan upaya agar tidak ada lagi warga Sumsel yang tertular virus covid-19. Langkah yang akan diambil di antaranya dengan menaikkan status penanganan covid-19 dari semula waspada menjadi tanggap darurat.

"Untuk ODP yang sudah dipantau oleh satgas, sejak meninggalnya PDP kemarin, dari perlakuan pemakaman jenazahnya sampai ODP yang sangat mungkin bersentuhan dengan PDP," kata dia.

Untuk hasil tes satu pasien PDP dari Prabumulih yang meninggal, Herman memastikan hasilnya belum keluar. "Yang satu lagi belum keluar, tapi kita tidak bisa sepenggal menjelaskan ini, harus diruntun kronologisnya. Beliau baru pulang dari daerah terpapar Jakarta," tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT