24 March 2020, 16:20 WIB

Mobil Water Canon Diturunkan untuk Semprotkan Disinfektan


Sumantri | Megapolitan

Polresta Tangerang menurunkan tiga mobil Armoured Water Canon (AWC) guna melakukan penyemprotan disinfektan di Jalan Pemda Tiga Raksa. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di Perumahan Citra Raya dan Kawasan Industri Cikupa dan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Menurut Kapolresta Tangerang, Kombes Ade Ary Syam Indradi, penyemprotan disinfektan menggunakan mobil AWC di beberapa lokasi keramaian itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Karena di wilayah-wilayah itu banyak populasi, maka kami lakukan penyemprotan disinfektan di sana. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19," kata Ade, Selasa (24/3).

Kapolres menjelaskan mobil AWC cukup efektif untuk melakukan penyemprotan disinfektan. "Setiap mobil AWC berisi 6000 liter air dan tiap-tiap mobil sudah diisi cairan disinfektan ini dengan perbandingan 40 liter cairan disinfektan," lanjutnya.

Baca juga: Kantor Walikota, Gedung DPRD dan Fasum Disemprot Disinfektan

Walau sudah dilakukan penyemprotan, Ade mengimbau kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. "Polri melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar tidak berkumpul di tempat umum dengan alasan apapun. Bahkan mayarakat juga diminta untuk bekerja dan tinggal di rumah, demi mengantisipasi penyebaran virus tersebut," lanjutnya.

Sebelum melakukan penyemprotan hari ini, Polresta Tangerang juga menyemprotkan disinfektan di beberapa lokasi keramaian lainnya, yaitu pasar dan terminal-terminal beberapa waktu lalu.

Lalu, Polresta Tangerang juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pemohon dan petugas pelayanan SIM. "Social distancing juga diberlakukan agar di antara pemohon tidak berdekatan," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT