24 March 2020, 13:15 WIB

Kementerian Sosial Berikan Santunan Korban Meninggal Akibat Covid


Indriyani Astuti | Humaniora

Kementerian Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp15 juta bagi ahli waris keluarga korban yang meninggal akibat pandemi korona (covid-19). Hal itu diutarakan oleh Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Selasa (24/3).

"Saat ini sedang dilakukan verifikasi terhadap ahli waris yang keluarganya meninggal dunia karena covid-19," ujar Asep.

Santunan tersebut, ujarnya, diberikan sebagai bentuk belasungkawa dari negara. Selain itu, santunan juga dimaksudkan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Kemensos, imbuhnya, juga memberikan perlindungan sosial pada keluarga miskin dan rentan agar perekonomian mereka tidak semakin memburuk akibat mewabahnya covid-19.

Baca juga: Pemerintah Didorong Berikan Penghargaan Kepada Dokter yang Gugur

"Keluarga yang kami sasar yang tercantum di data kesejahteraan sosial hasil pemetaan bersama dengan pemerintah daerah," ucap Asep.

Bantuan yang diberikan berupa sembako yang menyasar 15,2 juta keluarga miskin penerima manfaat dengan indeks bantuan Rp150 ribu setiap bulan per keluarga pada Januari dan Februari. Indeks tersebut, terangnya, akan dinaikkan menjadi Rp200 ribu per bulan selama Maret hingga Agustus 2020. (OL-14)

BERITA TERKAIT