24 March 2020, 12:50 WIB

Upaya Aparat Bubarkan Kerumunan Baik untuk Keselamatan


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

Anggota Komisi I DPR, Abdul Kharis mengatakan bahwa upaya Polri dan TNI serta aparat sipil lainnya membubarkan kerumunan yang membahayakan harus dilihat sebagai upaya untuk keselamatan bersama. Tindakan pembubaran dilakukan sebagai penegakan hukum secara selektif, terukur, dan sesuai dengan tujuannya, yakni menyelamatkan nyawa dari korban pandemi virus covid-19.

"Kita harapkan semua masyarakat bisa mematuhi imbauan petugas di lapangan yang tetap mengedepankan upaya proaktif manusiawi dan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Semoga kita bisa saling bersabar dan dengan itu Allah SWT menolong dan melindungi kita, insya Allah," ujar Kharis, dalam keteranannya, Selasa, (24/3).

Baca juga: Pemerintah Daerah Bubarkan Kerumunan

Kharis mengatakan Komisi 1 DPR mendukung semua langkah lanjutan terkait penggunaan dua mitra Komisi 1 DPR yaitu TNI dan BIN yang masuk dalam gugus tugas penanggulangan covid-19. TNI dan BIN amat penting dilibatkan untuk menjaga agar kegawatdaruratan karena pandemi covid-19 dapat berjalan aman, fokus, dan tepat.

"Saya yakin BIN dan TNI akan menambah kekuatan gugus tugas menjalankan amanah presiden," tutur Kharis.

Kharis juga mengapresiasi keberhasilan Menteri Pertahanan, TNI dan semua stake holder yang telah berhasil menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran virus korona (covid-19) di Tanah Air. (OL-14)

BERITA TERKAIT