24 March 2020, 12:36 WIB

Satgas Covid-19 Flotim Temukan 5 Penumpang Bersuhu Tinggi


Alexander P. Taum | Nusantara

LIMA  dari 651 penumpang KM Lambelu yang turun di pelabuhan laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Selasa (24/3) sekitar pukul 07.00 Wita, memiliki suhu tubuh di atas 38 derajad. Hal tersebut diketahui setelah Satuan Gugus Tugas Covid-19 Flotim melakukan penyemprotan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh atau Thermoscaner terhadap seluruh penupang yang turun di pelabuhan laut Larantuka.

Sekitar 651 penumpang yang turun dari KM Lambelu di Pelabuhan Larantuka, diarahkan petugas gabungan Satuan Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Flores Timur untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Mereka juga harus menjalani penyemprotan disinfektan. Kegiatan pemeriksaan itu di pimpin Ketua Tim Koordinator Satgas Covid-19 wilayah Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda dan Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur, dr Ogie Silimalar, melibatkan aparat TNI, Polri, Dishub Laut, Dinkes Flotim dan BPBD Kabupaten Flores Timur.

Ketua Tim Koordinator Satgas Covid 19 wilayah Kabupaten Flores Timur, yang juga Sekda Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda beserta Juru bicara Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flotim, dr Ogie Silimalar membeberkan dari hasil pemeriksaan suhu tubuh  terdapat lima orang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius. 

"Lima penumpang ini saya perintahkan petugas kesehatan segera mengawal sampa di tempat dan dilakukan karantina selama 14 hari," kata Ogie, Selasa (24/3). 

baca juga: PDAM Tirta Tarum Kebanjiran Pesanan Bilik Disinfektan

Di Pelabuhan Larantuka disediakan pula tempat mencuci tangan. Melalui pengeras suara, terdengar pihak Pelni dan Syahbandar mengeluarkan imbauan agar penumpang yang akan bepergian mempertimbangkan kembali keputusannya untuk berangkat, disesuaikan urgensitas perjalanan. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT