24 March 2020, 11:30 WIB

Bach Sebut IOC Butuh Empat Pekan untuk Putuskan Nasib Olimpiade


Gregorius Gelino | Olahraga

PRESIDEN Komite Olimpiade Intenasional Thomas Bach meminta waktu empat pekan untuk menyelesaikan polemik Olimpiade 2020. Berbagai pihak meminta Olimpiade ditunda atau dibatalkan namun Bach belum memberikan jawaban pasti atas polemik ini.

Olimpiade sejatinya digelar pada Juli hingga Agustus. Namun, dengan merebaknya pandemi virus korona (Covid-19), banyak pihak meminta Olimpiade ditunda atau dibatalkan karena membahayakan para atlet dan penggemar.

Usai mendapat hujan kritik, Bach tampaknya melunak. Setelah sempat bersikeras mengadakan Olimpiade sesuai jadwal, Bach kini meminta waktu empat pekan untuk mendiskusikan kelanjutan Olimpiade.

Baca juga: Anggota IOC Klaim Olimpiade akan Ditunda

"Kehidupan manusia didahulukan dari segalanya, termasuk pentas Olimpiade. Kami yakin kami akan menyelesaikan diskusi ini dalam empat minggu ke depan," tulis Bach dalam surat terbuka kepada para atlet.

"Kami telah, seperti ditunjukkan sebelumnya, memikirkan skenario yang berbeda dan mengadaptasinya hampir setiap hari. Keputusan akhir tentang tanggal Olimpiade Tokyo 2020 sekarang masih prematur," lanjutnya.

"Pembatalan tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak akan membantu siapa pun. Karena itu, ini bukan agenda kita," tutupnya.

Mengutip data John Hopkins University per Selasa (24/3) pagi, jumlah total kasus infeksi korona di dunia telah mencapai 378.287 kasus. Dari jumlah tersebut, 16.497 pasien atau sebesar 4,36% dari total kasus dinyatakan meninggal dunia. Sementara, 100.958 pasien di antaranya atau sekitar 26,69% dari total kasus dinyatakan sembuh. (OL-1)

BERITA TERKAIT