24 March 2020, 11:11 WIB

Lahan Untuk Rumah Sakit Darurat PMI Siap Digunakan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DINAS Bina Marga (DBM) Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan lahan untuk rumah sakit darurat, karantina dan gudang penanganan virus korona (Covid-19) di markas Palang Merah Indonesia (PMI), yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan.

"Sudah selesai 100%. Kami kerjakan selama lima hari," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, kepada Media Indonesia, Selasa (24/3).

Penyiapan lahan, lanjut Hari, atas permintaan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang kemudian direspons cepat oleh jajaran DBM.

Baca juga: Atasi Covid-19, PMI Bangun Gudang Logistik Tambahan

Hari menjelaskan pihaknya mengerahkan alat dan kendaraan berat,seperti truk dan ekskavator, dengan dibantu Satgas Bidang Peralatan dan Perbekalan DBM dan Satgas Bidang Penerangan Jalan Umum DBM.

"Sehingga, pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan pada siang dan malam selama lima hari," imbuhnya.

Terkait anggaran yang dialokasikan untuk menyiapkan lahan rumah sakit darurat, Hari enggan memaparkan lebih detail. Dia menekankan anggaran tersebut menggunakan swakelola. Penyelesaian rumah sakit darurat, lanjut Hari, diserahkan sepenuhnya kepada pihak PMI.

"Yang penting untuk keselamatan masyarakat dan pencegahan Covid-19 di Jakarta. Semoga dengan adanya rumah sakit darurat ini bisa mengatasi dan melayani masyarakat untuk menuntaskankan pandemi Covid-19," tutup Hari.(OL-11)

BERITA TERKAIT