24 March 2020, 10:51 WIB

Imbas Korona, Gubernur Babel Ajak Bupati Perhatikan UMKM


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

IMBAS wabah korona di Indonesia sangat berdampak pada sektor UMKM khususnya di daerah. Untuk itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan, mengajak seluruh kepala daerah se-Babel memperhatikan dan membantu UMKM.

"Berkenaan dengan kondisi ekonomi Bangka Belitung dan bangsa yang sekarang sedang menurun, saya mengajak bupati/wali kota se-Babel untuk memperhatikan UMKM," kata Erzaldi, Selasa (24/3).

Menurutnya, sesuai pengalaman saat krisis moneter lalu, UMKM adalah usaha yang paling kuat dalam menopang perekonomian masyarakat. Untuk itu, ia meminta bupati/walikota dapat merelokasi anggaran guna memperkuat UMKM dan pertanian. Sebab saat ini 60% UMKM di Babel tidak aktif.

"Hal ini disebabkan dampak dari virus korona sehingga kunjungan wisatawan yang pasti berkurang dan bisnis paling terkena adalah hotel, UMKM, dan penerbangan,"ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel, Elfiyena, mengatakan pihaknya melalui PLUT akan memberikan bantuan kemudahan pelatihan bagi UMKM untuk berjualan secara online.

"Yang belum online, kami membantu UMKM binaan membuat akun di forum jual beli melalui PLUT selain pendampingan online, kita arahkan membantu agar dapat masuk di akun tersebut," ulasnya.

"Maunya pak gubernur ada rencana bantuan, misalnya pelatihan dan lainnya, dari kementerian infonya juga ada, tapi belum tahu bagaimana sistemnya," terangnya.

baca juga: Lokasi Itjima Dunia di Gowa Sudah Kosong

"Kami mengimbau, selagi ada peluang yang bisa dimanfaatkan, ya dimanfaatkan apa saja, karena wabah virus korona ini bukan satu dua minggu. Kemungkinan bisa berbulan-bulan, makanya, kita arahkan ke jualan online,"sarannya.(OL-3)

BERITA TERKAIT