24 March 2020, 09:18 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, PPP Usul Gaji DPR Dipotong


Antara | Humaniora

SEKRETARIS Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi mengusulkan kepada pimpinan DPR untuk mengambil kebijakan pemotongan gaji anggota DPR bulan April 2020 untuk membantu penanganan penyebaran Covid-19.

"Fraksi PPP DPR mengusulkan kepada pimpinan DPR untuk melakukan kebijakan pemotongan gaji anggota DPR pada April 2020 yang nanti disumbangkan untuk penanganan Covid-19," kata Baidowi di Jakarta, Selasa (24/3).

Dia menyerahkan jumlah besaran gaji anggota DPR yang dipotong kepada pimpinan DPR.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Siapkan SOP Penanganan Pasien Virus Korona

Menurut dia, penyebaran Covid-19 melebihi perkiraan dan semakin memprihatinkan sehingga segenap elemen bangsa harus bersama-sama bergandengan tangan memerangi virus tersebut.

"Fraksi PPP menginstruksikan seluruh kader yang duduk di legislatif mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota untuk membantu dalam penanganan Covid-19 dalam bentuk pembagian masker, pembersih tangan, dan penyemprotan disinfektan kepada masyarakat maupun melalui takmir masjid, mushalla maupun pondok pesantren," ujarnya.

Baidowi juga mengimbau seluruh kader PPP untuk taat terhadap imbauan pemerintah, yakni melakukan jaga jarak atau "social distancing" dengan bekerja dan beraktivitas di rumah kecuali urusan yang sangat penting.

Langkah itu, menurut dia, berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain dalam mengurangi laju penyebaran Covid-19.

Selain itu, kata dia, Fraksi PPP mendesak pemerintah mengadakan dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan, alat-alat kesehatan, obat-obatan, dan penunjang lainnya untuk pemberantasan Covid-19 secara proporsional dan menjangkau daerah-daerah terpapar. (OL-1)

BERITA TERKAIT