24 March 2020, 08:43 WIB

DPR Minta Pemerintah Siapkan SOP Penanganan Pasien Virus Korona


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien virus korona. Nantinya, SOP tersebut dapat disosialisasikan ke pemerintah daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, SOP itu dapat berisi penjelasan mekanisme seseorang akan melakukan tes virus korona hingga mendapatkan penanganan. Bahkan, Gugus Tugas Covid-19 ini juga harus mempersiapkan serta menyosialisasikan mekanisme terburuk dari penanganan virus korona.

“BNPB sebagai Gugus Tugas Covid-19 harus lebih aktif melakukan fungsi koordinasi dengan lembaga dan pemerintah daerah. Terutama menyangkut bagaimana strategi yang diterapkan diberbagai level,” katanya, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (24/3).

Baca juga: DPR: UN Ditiadakan karena Covid-19

Ia menyebutkan, hal tersbut perlu dilakukan guna penganggaran yang lebih tertata nantinya. Menurutnya, penganggaran akan tidak tertata tanpa adanya rencana pemberantasan virus korona yang jelas. Mengingat, Gugus Tugas Covid-19 akan menggunakan APBN, APBD, serta anggaran lainnya.

“Ini kan semuanya mengeluarkan anggaran kan. Jadi jangan sampai kerjanya parsial dan khawatirnya nanti saling ribut. Masalahnya sampai sekarang belum ada gambaran konprehensif dari pemerintah mengenai penanganan korona,” tegasnya.

Selain itu, Diah juga mendesak Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Doni Monardo fokus pada penanganan serta kesiapan tim medis.

Dikatakannya, DPR akan membantu pemerintah dalam melawan Covid-19. Salah satunya adalah dengan membentuk tim pengawas untuk memastikan Gugus Tugas Covid-19 berjalan efektif. (OL-1)

BERITA TERKAIT