24 March 2020, 08:40 WIB

Waspadai Covid-19, G20 Pertimbangkan Rencana Aksi Bersama


mediaindonesia.com | Internasional

JAJARAN menteri keuangan dan gubernur bank sentral Kelompok 20 (G20) mempertimbangkan rencana aksi bersama G20, dalam merespons pandemi virus korona (Covid-19). Pembicaraan itu berlangsung melalui telekonferensi.

Dalam pertemuan jarak jauh, Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan, menekankan perlunya meningkatkan upaya bersama. Sekalgius, tindakan tegas yang terkoordinasi untuk menjaga stabilitas ekonomi dan pasar keuangan global.

"Sejak pertemuan terakhir para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 pada Februari 2020, prospek ekonomi global secara signifikan memburuk. Penyebaran Covid-19 telah berdampak pada ekonomi global," ujar Al-Jadaan.

Baca juga: IMF: Virus Korona Bisa Rusak Pertumbuhan Ekonomi Global 2020

G20 dikatakannya harus siap melakukan tanggap darurat untuk mengatasi krisis global, berikut menetapkan visi untuk tindakan jangka menengah dan panjang. Tujuannya, mendorong pemulihan ekonomi dan mengkatalisasi potensi pertumbuhan ekonomi menjadi lebih kuat.

Selain itu, para menteri keuangan dan gubernur G20 membahas berbagai cara untuk meningkatkan upaya terkoordinasi oleh kreditor bilateral dan multilateral. Hal itu bertujuan mengatasi risiko utang di tengah pandemi virus korona, khususnya di negara berpenghasilan rendah.

Sejumlah anggota G20 turut membahas kerja sama dengan lembaga keuangan internasional untuk mendukung stabilitas keuangan. Berikut, mengurangi hambatan likuiditas bagi pasar dan ekonomi negara berkembang.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT