24 March 2020, 08:16 WIB

Dinyatakan Sembuh Empat Pasien Suspect Korona Dipulangkan


Denny Susanto | Nusantara

EMPAT pasien suspect korona atau pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Tanah Bumbu, yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kalimantan Selatan terus bertambah. Berdasarkan data resmi dari Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Penanganan Virus Korona Kalsel, Senin (23/3) petang menyebutkan dari tujuh orang pasien PDP dan satu orang positif korona, empat diantaranya dinyatakan sembuh. 

"Empat orang pasien PDP asal Tanah Bumbu sudah sembuh dan diperbolehkan pulang," tutur Juru Bicara Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim.

Hingga Selasa (24/3), jumlah pasien PDP yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak tiga orang, menyusul ada tambahan satu pasien asal Martapura, Kabupaten Banjar serta satu orang positif korona. 

"Untuk kondisi pasien yang dinyatakan positif saat ini masih stabil dan kita harapkan segera pulih," ujarnya.

Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus korona di Kalsel terus bertambah dan tercatat sebanyak 415 orang tersebar di 13 kabupaten/kota dan terbanyak berasal dari Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala dan Hulu Sungai Tengah. Pemprov Kalsel sangat mewaspadai ancaman penyebaran virus korona dan saat ini gencar melakukan sterilisasi kawasan perkantoran dan ruang publik.

baca juga: Cegah Covid-19, Polisi di Banyuwangi Bubarkan Kerumunan Massa

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga telah menginstruksikan agar rumah sakit di Kalsel menyiapkan ruangan isolasi bagi penanganan pasien suspect korona di tiap kabupaten. Saat ini selain RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Boejasin Tanah Laut, RSUD Anshari Saleh Banjarmasin, RSUD Idaman Banjarbaru dan RSUD Hasan Basery Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan penanganan penderita korona. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT