24 March 2020, 09:45 WIB

Perenang Peraih Emas Olimpiade Ungkap Keparahan Covid-19


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PERENANG peraih medali emas Olimpiade Cameron Van der Burgh mengatakan dia telah berjuang melawan virus korona selama dua pekan terakhir. Karenanya, dia mengatakan atlet yang terus berlatih untuk tampil di Olimpiade 2020 membuat diri mereka rentan tertular virus itu.

Perenang Afrika Selatan itu memenangkan medali emas nomor 100 meter gaya dada di Olimpiade 2012 dan medali perak Olimpiade 2016 sebelum kemudian memutuskan pensiun pada 2018.

Van der Burgh mengatakan meski gejala terparah Covid-19 telah dilaluinya, dirinya masih merasa letih saat melakukan kegiatan fisik apa pun.

Baca juga: Jepang Ngotot Start Olimpiade Sesuai Rencana

"Saya berjuang melawan Covid-19 selama 14 hari terakhir," ungkap Van der Burgh lewat Twitter.

"Ini adalah virus terburuk yang pernah saya hadapi. Padahal, saya adalah orang sehat dengan paru-paru yang kuat (tidak merokok dan rajin berolahraga), hidup sehat, dan masih muda (kelompok paling tidak berisiko Covid-19)."

"Meski gejala terparah telah berlalu, saya masih mengalami kelelahan parah dan batuk-batuk. Aktivitas fisik apa pun seperti berjalan membuat saya kelelahan selama berjam-jam," imbuhnya. (eurosport/OL-1)

BERITA TERKAIT