24 March 2020, 06:55 WIB

Myanmar Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

MYANMAR, Senin (23/3), melaporkan kasus virus korona pertama mereka setelah selama berpekan-pekan bersikeras tidak ada kasus Covid-19 di negara Asia Tenggara itu.

Sebelumnya, negara berpenduduk 54 juta jiwa itu merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia yang belum melaporkan kasus virus korona.

Dengan hanya 214 orang menjalani tes virus korona, Senin (23/3) malam, pakar kesehatan mendesak Myanmar untuk bersiap menghadapi krisis virus korona.

Baca juga: Afrika Selatan Putuskan Lockdown Mulai Kamis

Kementerian Kesehatan Myanmar, Senin (23/3) malam, mengonfirmasi seorang pria berusia 36 tahun yang baru melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dan seorang pria berusia 26 tahun yang baru saja kembali dari Inggris positif Covid-19.

"Kami akan menyelidiki semua orang yang melakukan kontak dengan kedua orang itu," tegas Kementerian Kesehatan Myanmar.

Pengumuman itu memicu panic buying di sebuah supermarket 24 jam di Yangon. Padahal, sebelumnya, kehidupan di Myanmar berjalan dengan normal.

Sebelumnya, pemerintah Myanmar mengklaim gaya hidup dan pola makan warga negara itu--yang mencakup minimnya kontak fisik dan kebiasaan menggunakan uang cash, bukan kartu kredit--membuat mereka terhindar dari virus korona.

Padahal, Myanmar memiliki perbatasan sepanjang 2.100 kilometer dengan Tiongkok, tempat pertama kali virus mematikan itu muncul. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT