24 March 2020, 06:20 WIB

PT KAI Batalkan 19 Perjalanan Jarak Jauh


Putra Ananda | Megapolitan

PENGURANGAN sejumlah perjalanan kereta api (KA) yang diputuskan PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta bertujuan mencegah penyebaran virus korona baru (covid-19). Pembatalan perjalanan khusus KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, itu sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya mendukung kebijakan pemerintah agar masyarakat bisa mengurangi mobilitasnya. Pembatalan terhadap 19 perjalanan KA berlaku sejak kemarin hingga 1 April mendatang.

KA yang mengalami pembatalan operasional merupakan pemberangkatan jadwal yang memiliki jarak berdekatan­ dengan daerah tujuan yang sama. Dengan demikian, terang dia, calon penumpang punya pilihan jadwal KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan pada hari tersebut.

Menurut dia, PT KAI Daop 1 terus berupaya melakukan pengaturan agar para pengguna tetap akan memiliki jarak tertentu (social distancing) di dalam kereta. Itu dilakukan karena untuk saat ini volume penumpang pada KA jarak jauh tidak sepadat waktu normal.

“Bagi calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket KA sesuai jadwal pembatal­an KA yang sudah ditentukan, akan dialihkan ke jadwal KA lain jika tetap memutuskan akan berangkat,” kata Eva.

Sementara itu, untuk calon penumpang yang dialihkan ke KA lain dan mendapat kelas yang sama atau lebih tinggi, lanjut dia, tidak akan dikenai penambahan bea. Sebaliknya, jika dialihkan dan mendapat kelas yang lebih rendah, penyedia jasa akan berikan bea pengembalian di stasiun kedatangan, atau batas waktu pengembalian tiga hari dari tanggal tiket.

Di sisi lain, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan KA, KAI akan berlakukan bea pengembalian sebesar 100% secara tunai. Pembatalan­ tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain.

“Sampai saat ini (informasi 22 Maret 2020 pukul 19.00 WIB) terdapat 3.624 calon pengguna yang memilih tidak dialihkan. Rinciannya, sebanyak 626 calon penumpang keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 3.028 calon penumpang keberangkat­an dari Stasiun Gambir.” (Put/Wan/J-3)

BERITA TERKAIT