23 March 2020, 22:01 WIB

Korsel Laporkan Jumlah Kasus Baru Terendah dalam Sebulan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KOREA Selatan melaporkan jumlah kasus virus korona baru (covid-19) terendah sejak tingkat infeksi memuncak empat minggu lalu, memicu harapan  bahwa wabah  mungkin mereda.

Negara ini mencatat 64 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir, sehingga total menjadi 8.961 kasus dengan 111 kematian.

Namun para pejabat kesehatan memperingatkan terhadap rasa puas diri, dengan mengatakan negara ini masih menghadapi perang panjang melawan infeksi.

Pemerintah Korsel mengambil langkah maju dalam menekan penyebaran covid-19. Hampir 20.000 orang dites setiap hari di negara itu, lebih banyak orang per kapita daripada di tempat lain di dunia.

Negara ini telah menciptakan jaringan laboratorium publik dan swasta dan menyediakan puluhan pusat perjalanan tempat orang-orang dengan gejala dapat memeriksa status kesehatan mereka.

Korsel mengembangkan pendekatan bagus ini dengan belajar dari pengalaman Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) pada 2015, ketika 36 orang meninggal di negara itu, yang memiliki jumlah kasus MERS terbesar kedua setelah Arab Saudi.

MERS memaksa negara itu untuk mengkaji kembali pendekatannya terhadap penyakit menular dan Pusat Pengendalian Penyakit Korsel membentuk departemen khusus untuk mempersiapkan yang terburuk, sebuah langkah yang kemudian membuahkan hasil. (CNA/OL-8)

BERITA TERKAIT