23 March 2020, 20:02 WIB

20 Jenazah Korban Corona Dimakamkan di TPU Pondok Ranggon


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

JENAZAH pasien yang meninggal karena virus corona covid-19 dimamkamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Ada 20 jenazah yang dinyatakan positif Covid 19 dimakamkan disana.

Semua jenazah yang terkena virus vorona 19 dipusatkan di dalam satu lokasi di Blok AA-1. Tempat makam mereka disejajarkan dengan makam tunawan alias Mr X.

Keseluruhan jenazah merupalan jenazah yang sempat di rawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara dan Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Kepala Satuan Pelaksana (TPU) Pondok Ranggon, Marton Sinaga mengatakan sampai saat ini sudah 20 jenazah yang terinfeksi covid 19 dikebumikan di TPU Pondok Ranggon. " Mereka ditempatkan di lokasi khusus dan sejajar dengan jenazah Mr X di Blok AA-1, " katanya Senin (23/3) malam.

Kesemua jenazah saat tiba di lokasi sudah terbujur kaku di dalam peti jenazah. Baik Muslim maupun Kristen dan lainnya. "20 jenazah yang sudah dimakamkan itu, adalah jenazah yang meninggal dari sejak dua pekan silam, ujar Marton.

Saat pemakaman, 20 jenazah diantarkan ambulance dengan diiringi anggota keluarga dan kerabat. Ia mengatakan, dalam visum dokter, 20 jenazah tidak disebutkan meninggalnya karena covid-19. " Dalam visum hanya disebutkan penyakit menular, " terang Marton.

Untuk menguburkan 20 jenazah sebut Marton, pihaknya mengerahkan 22 petugas gali tutup makam. " Lubang yang digali bagi 20 jenazah lumayan dalamnya, sekitar 180 centimeter atau lebih dalam dari makam biasa yang hanya 160 centimeter, " sambung Marton.

Marton menambahkan petugas gali kubur saat melakukan penguburan, semua menggunakan masker, sarung tangan dan alkohol agar tidak terinfeksi virus.

Menurut Marton, khusus jenazah penyakit menular makamnya di TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegalalur, Jakarta Barat. "Dua TPU ini disiapkan bagi penderita penyakit menular," ucap Marton (OL-4)

BERITA TERKAIT